Sabtu, 13 September 2014

TENTANG CCTV



Apa itu CCTV ?
CCTV (Closed Circuit Television) adalah surveillance camera system / kamera pengawas, yang terdiri dari kamera dan system DVR (Digital Video Recording) untuk menampilkan dan merekam segala bentuk aktifitas di suatu area tertentu dalam bentuk video. saat ini CCTV menghadirkan terobosan teknologi terbaru yang disebut dengan CCTV ONLINE yang dapat diakses dari jarak jauh dengan menggunakan Blackberry, Android, Ipad, Iphone, Laptop, PDA dsb. CCTV seringkali digunakan untuk keperluan militer, toko, tempat usaha, gudang, bandara, kantor, mall dan rumah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

bagian-bagian terpenting dari CCTV adalah sebagai berikut :

1. DVR (Digital Video Recorder)
DVR atau banyak disebut dengan Digital Video Recorder adalah perangkat yang digunakan untuk merekam semua gambar yang di kirim oleh camera ke dalam perangkat ini. ada beberapa type DVR yg dapat disesuaikandengan kebutuhannya seperti, 4,8,16 Chanel.

DVR tersebut dapat Terbagi dalam 2 kategori utama, yaitu :
Stand Alone DVR ( Portable)
PC Card DVR  
2. Camera
Camera CCTV ini berfungsi sebagai alat pengambil gambar.Terdiri dari beberapa tipe camera yang dibedakan dari segi kualitas, penggunaan dan fungsinya. Fungsi Infra Red banyak dibutuhkan oleh customer karena dapat merekam gambar dalam keadaan gelap dan hasil videonya akan menjadi abu-abu.

Camera Terbagi dalam 2 kategori utama, yaitu :
Camera CCTV Analog, dengan mmenggunakan cabel coaxial
Camera CCTV Network (IP Cam) dengan menggunakan kabel Jaringan 

3. Hard Disk Drive (HDD)
HDD merupakan media penyimpanan data rekaman. Hard disk ini dipasang didalam DVR, semakin besar kapasitas hard disk membuat anda dapat menyimpan rekaman lebih lama.

4. Coaxial Cable
Merupakan kabel yang menghantarkan signal video dari kamera CCTV ke DVR, atau dari DVR ke monitor.

5. Power Cable
Diperlukan apabila kabel kamera CCTV yang disertakan tidak cukup panjang untuk mencapai sumber listrik terdekat.

6. BNC Connector
Konektor yang dipasang pada kabel coaxial.

7. System koneksi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar